Skip to main content

Tidak Semua Blogger Ingin Terkenal dan Mendapat Banyak Uang


Habis baca sebuah artikel di sebuah blog yang dianggap mastah dalam dunia per-blog-an Indonesia. Biasalah kunjungan interim alias tak diketahui dan tidak meninggalkan jejak. Siapa tahu saja ada yang bisa digali dari sang mastah.

Langsung sebuah artikel menarik perhatian. Judulnya, "Blogger Profesi Terbaik di Dunia" dan isinya berisi, yah biasalah, panduan bagaimana menjadi seorang blogger yang baik. Harus belajar inilah, harus belajar itulah, harus beginilah, harus begitulah... bla bla bla..

Ujungnya, hanya baca tiga paragraf awal dan satu paragraf akhir saja. Selebihnya, ya dilewat saja. Terus terang tidak lagi menarik dan penuh dengan segala macam teori dan bualan ala internet marketer.

Kasar ya kok disebut bualan dan omong kosong padahal tentunya dia sudah memikirkannya matang-matang sebelum menulis. Juga, tulisan itu sudah pasti memberikan banyak pengetahuan.

Bagi orang lain, ya benar. Terutama bagi para pemula. Tetapi, tidak buat saya.

Pada dasarnya saya melihat kebiasaan buruk dari para blogger yang mengajarkan tutorial blogging dan para internet marketer yang selalu berulang. Sepertinya mereka tidak menyadari satu hal, yaitu tidak seharusnya mereka mengeneralisasi dalam hal blogging atau ngeblog.

Tidak semua orang ngeblog dengan tujuan satu mencari uang atau membuat dirinya populer. Banyak orang melakukan kegiatan ngeblog hanya karena mereka menemukan media untuk menyalurkan pemikiran atau idenya. Jumlahnya banyak dan tak terhitung.

Oleh karena itu, sebenarnya hal-hal yang mereka tulis sebenarnya tidak berguna sama sekali bagi kalangan yang seperti ini. Blogger yang tidak menargetkan uang dan ketenaran, tidak membutuhkan saran bagaimana harus membuat blognya populer, tidak perlu mendengar bagaimana audiensnya, tidak perlu pusing soal SEO dan segala macam.

Mereka sudah menemukan tujuannya dengan menulis apa yang ada di kepalanya. Selesai. Mereka sudah bahagia untuk itu.

Bagi mereka yang seperti ini, bahkan mereka tidak peduli diberi gelar blogger atau tidak. Bagi kalangan seperti ini blogger bukanlah profesi, blogger adalah gelar yang sebenarnya otomatis melekat pada dirinya saat ia ngeblog.

Para blogger yang seperti ini tidak memandang kegiatan yang dilakukan sebagai profesi. Mereka melakukannya untuk kesenangan.

Intinya, tidak semua orang berpandangan blogger sebagai profesi. Banyak yang memandangnya sebagai kegiatan iseng dan hobi saja.

Sebuah kebodohan ketika langsung digeneralisir bahwa semua orang ngeblog dengan tujuan mencari uang dan ketenaran, atau memandangnya sebagai profesi. Sayangnya, kebanyakan para blogger tutorial tentang ngeblog atau internet marketer gemar menempatkan orang lain seperti dirinya yang mentargetkan pada uang, dan uang.

Terkadang mereka lupa kalau ngeblog itu bisa memiliki banyak fungsi dan tujuan, tergantung setiap individu.

Itulah mengapa artikel itu menarik buat saya. Sejak awal sudah terlihat bahwa yang menulis terfokus pada satu sisi saja, yaitu dirinya sendiri yang memandang ngeblog sebagai profesi, padahal kenyataannya tidak demikian. Tidak semua orang sama dengan dirinya.

Dan, kemudian dilanjutkan dengan isinya yang penuh dengan bualan ala internet marketer yang sedang meninabobokan calon pembeli agar kemudian mau membeli dagangan "pemikirannya".

Itulah yang membuat saya hanya membaca beberapa paragraf saja dan kemudian pergi meninggalkannya. Saya merasa menjadi akan menjadi orang kerdil dan bodoh kalau meneruskan membacanya.

Comments

  1. Betul pak Anton untuk sebagian orang menganggap blogging just for fun, tapi di sisi lain blogging fokus pada uang.
    Saya ikut dua grup WA di dua sisi tersebut.
    Grup yang satu ribut gimana naikin trafik blog.
    Grup yang satu cuma fokus nulis aja. Ga mikirin teknik SEO segala.

    Saya merasa beruntung sih bisa belajar juga.
    Dan saya pun ngeblog suka suka saya. Yang penting fun aja dan uneg uneg terlampiaskan.

    Mudah-mudahan uang pun mengikuti. Aamiin....

    #Ngomong-ngomong, Terima kasih buat tips fotografi Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan digeneralisir bahwa semua orang mengejar duit saat ngeblog

      #sami-sami.. selamat belajar fotografi yah

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngeblog Karena Uang ? Berhenti Jadi Blogger !

Serius ! Benar-benar serius. Itu saran saya kalau memang ada yang ngeblog karena uang, saya akan sarankan dengan segera untuk berhenti jadi blogger.

Upss. Tunggu sebentar. Jangan sewot dulu dan marah-marah. Juga jangan langsung saya melakukan penistaan terhadap blogger. Tidak, saran itu bukan untuk menghina dan merendahkan tujuan Anda ngeblog, justru sebaliknya.

Saran itu untuk kebaikan Anda sendiri.

Bukan tanpa alasan saran itu dikeluarkan, apalagi ditulis disini dan mungkin terbaca banyak rekan sesama blogger. Alasannya sudah dipikirkan dengan sangat matang.

Silakan lihat di bawah ini.

Ngeblog Karena Uang Mah Wajar Saja, Tetapi.... Aneh kan.

Tadi menyuruh berhenti jadi blogger. Sekarang bilang biasa.

Yah begitulah adanya. Ngeblog karena uang sudah merupakan hal umum dewasa ini. Banyak orang yang terjun ke blogosphere bukan sekedar niat berbagi atau sharing atau hanya ingin menumpahkan uneg-uneg saja.

Bisa dikata mayoritas mereka yang terjun ke dunia blogging di masa sekarang berhar…

Blog Gagal Itu Seperti Apa?

"Blog Anda blog gagal kalau dalam 3-4 bulan pertama pengunjungnya hanya mencapai 250 orang per hari"
Tolong jangan tersinggung dulu. Bukan saya yang mengatakan demikian. Kutipan ini saya ambil dari sebuah blog yang dikelola seorang blogger yang berpenghasilan hampir US$ 3000/bulan.

Cukup juga kagetnya. Pasti lah melongo mendengar ada blogger Indonesia bisa berpenghasilan sebegitu besar. Tiga ribu dollar sama dengan 39 juta rupiah, memang besar sekali. Gaji saya sebagai pegawai mah lewat.

Dan, kalimat itu saya kutip dari blognya. Kurang lebih demikian.

Bukan sebuah hal baru sebenarnya. Beberapa blogger yang sudah ditahbiskan masuk dalam kategori "sukses" atau "terkenal" juga sudah memberikan indikasi yang kurang lebih mirip. Bedanya hanya dalam rentang waktu yang dipergunakan.

Ada yang memberi batasan kalau umur blog sudah setahun, tetapi pengunjungnya masih di bawah 1000 Pengunjung Unik perhari, maka gelar BLOG GAGAL menjadi milik blog itu.

Begitu katanya…

Yang Satu Ini Sering Mendatangkan Backlink Natural Tetapi Jarang Dimanfaatkan Oleh Para Blogger Indonesia

Lucu juga. Banyak sekali artikel tutorial blogging yang menekankan betapa pentingnya hal yang satu ini bagi sebuah tulisan, tetapi tidak ada, atau jarang, blogger Indonesia yang membuat tulisan tentang bagaimana mendatangkan backlink dengan memanfaatkannya.

Aneh. Karena, seharusnya bila sesuatu dianggap begitu penting, maka sewajarnya hal tersebut perlu diselami lebih lanjut untuk mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Entahlah, apakah memang karena mereka sebenarnya tidak benar-benar tahu dan hanya melakukan penulisan ulang saja, atau memang mereka tidak menyadarinya.

Yang manapun, faktanya, tidak ada tulisan yang memberikan penjelasan bagaimana memanfaatkan yang satu ini untuk mendatangkan backlink secara natural dan tidak dipaksakan.

"Yang satu ini" merujuk pada FOTO atau IMAGE.

Bukan barang baru bahwa memasukkan sebuah foto atau image ke dalam artikel semakin dianggap penting untuk menjadikan artikel enak dibaca. Begitu juga dalam hal optimasi SEO dimana sebuah image da…