Skip to main content

MENCARI DAN MENGEMBANGKAN IDE BAHAN MENULIS DAN TOPIK DENGAN MEMAKAI METODE 5W 1H AGAR TIDAK PERNAH KEHABISAN BAHAN

Sedang bingung mau menulis tentang apalagi? Sedang kehabisan ide? Kayaknya sih demikian, kalau Anda tidak merasakan itu, tentunya Anda tidak akan pernah sampai kesini dan pasti sedang sibuk menulis daripada membaca tulisan ini.

Betul kan?

Nah, supaya Anda cepat kembali ke aktifitas menulis dan menemukan ide-ide baru sebagai bahan tulisan, boleh saya sarankan untuk menggunakan metode 5W 1H saja? Rasanya kalau masih juga merasa tidak memiliki bahan tulisan, berarti ada yang salah dengan Anda.

Sungguh!

Apa itu metode 5W 1H?

Sebenarnya metode 5W 1 H ini bukanlah metode untuk mencari dan mengembangkan ide bahan tulisan. Metode ini adalah metode penulisan, terutama dalam penulisan berita.

Tetapi, sayang sekali kalau penerapannya hanya dibatasi saat menulis saja. Padahal metode yang sama bisa dipergunakan untuk memperkaya perbendaharaan ide dan bahan menulis sendiri.

Metode 5W 1H ini sendiri berasal dari bahasa Inggris, dan belum ada istilah resmi dalam bahasa Indonesia. Konsep ini terdiri dari 6 buah kata tanya dalam bahasa dari Negeri Ratu Elizabeth itu, yaitu

    • WHO     -   SIAPA?
    • WHAT   -   APA?
    • WHERE -   DIMANA?
    • WHEN    -   KAPAN?
    • WHY      -   MENGAPA?
    • HOW      -   BAGAIMANA?
Dalam penulisan artikel berita yang baik, semua unsur ini harus tercantum di dalamnya. Dengan begitu pembaca mendapat penjelasan sangat rinci tentang sebuah kejadian atau peristiwa.

Bagaimana menggunakan metode 5W 1H untuk mengembangkan ide dan mencari bahan menulis?

Sederhana saja. Yang penting adalah mau meluangkan waktu sejenak untuk mencoba melihat sesuatu dari "BERBAGAI SUDUT PANDANG" yang berbeda.

Sebagai contoh, saya berikan sebuah foto di bawah ini


Perhatikan foto di atas sejenak, yang sebenarnya sebuah foto sederhana saja, gelas plastik teronggok di lapangan rumput. Kemudian, tanyakan kepada diri sendiri dengan menggunakan metode 5W 1H tadi.

WHO - SIAPA?

  • Siapa yang membuang sampah sembarangan? 
  • Siapa yang tidak tahu aturan bahwa membuang sampah sembarangan itu dilarang?

WHAT - APA?

  • Apa bahaya dari gelas plastik? (Kenyataannya plastik memang berbahaya bagi lingkungan karena susah terurai)
  • Apa yang menyebabkan orang membuang sampah sembarangan?

WHERE - DIMANA?

  • Dimana seharusnya membuang gelas plastik?
  • Dimana biasanya orang membuang sampah sembarangan?
WHEN - KAPAN?

  • Kapan biasanya orang membuang sampah sembarangan?

WHY - MENGAPA?


  • Mengapa orang biasa membuang sampah sembarangan?
  • Mengapa orang menggunakan gelas plastik?
HOW - BAGAIMANA?

  • Bagaimana cara mengolah limbah gelas plastik?
  • Bagaimana mencegah orang membuang gelas plastik sembarangan?
Bisa dilihat sendiri dari sebuah foto, bisa lahir berbagai ide dan topik baru. Sebenarnya hal itu terjadi karena sebuah hal di dunia ini bisa dilihat dari banyak sudut pandang, dan bukan hanya satu saja. Banyak ide dan topik bahasan yang akan lahir kalau kita mau mencoba memakai melihatnya dari berbagai sisi.

Sebenarnya, bahkan masih banyak lagi topik yang bisa lahir kalau diteruskan. Jumlahnya tidak terbatas, seperti sudah saya sebutkan sebelumnya.

Selama, Anda mau berpikir, meluangkan waktu, dan meluaskan sudut pandang terhadap satu hal.

Hambatan Umum Blogger Yang Bisa Diatasi Dengan Menggunakan Metode 5W 1H

Menulis itu adalah sesuatu yang TIDAK TERBATAS dan hampir tidak mungkin ada yang namanya KEHABISAN IDE, bahkan dalam niche blogginG sekalipun.

Omong kosong kalau ada yang mengatakan menjadi niche blogger akan cepat kehabisan ide. Itu hanya cetusan dari orang malas dan tidak kreatif saja.

Yang sering menjadi masalah dan melahirkan kondisi demikian adalah beberapa hal ini :

  • Ingin terlihat profesional, jadi banyak hal yang diabaikan karena dirasa tidak menunjang targetnya menjadi terlihat pintar dan profesional. Masalah gelas plastik tidak akan membuat dirinya menjadi terliha bonafide atau keren dimata pembaca. Beda dengan membahas blogging atau isu terkini.
  • Menganggap remeh, banyak orang berpikiran membahas sesuatu yang terlihat rumit dan susah, seperti blogging, ekonomi, perdagangan lebih penting dibandingkan menulis tentang gelas plastik. Padahal kalau diperhatikan, kesadaran manusia akan limbah plastik sedang meningkat dan memiliki pasar yang cukup banyak
  • Malas, tidak mau mencatat ide yang ada di kepala, hasilnya ya semrawut. Sulit menemukannya kalau tidak memiliki catatan berisi daftar ide. Itulah mengapa saya kerap membawa kertas dan ballpoint, atau smartphone selalu berada di tangan, karena dengan begitu setiap ide yang terlintas akan langsung dicatat. Bisa juga dalam bentuk sebuah foto.
Metode sederhana 5W 1H ini bisa membantu membentuk sikap mental yang berlawanan dengan hambatan umum di atas.

Biasanya blogger akan mengabaikan topik yang dianggapnya sebagai "sia-sia" pada saat pertama kali ide itu lahir, bahkan seringnya tanpa memikirkannya lebih dalam lagi.

Dengan membuat sebuah rincian ide berdasarkan 5W 1H ini, tentunya akan terlihat jelas sekali, mana yang "cocok" dan mana yang "tidak" menurut selera kita. Hal itu akan menghindarkan sebuah ide terbuang percuma tanpa dipertimbangkan.

Meskipun begitu, sebenarnya, ide-ide yang lahir tidak perlu dipilah, semua bisa dipergunakan, tetapi tentunya ada orang yang malas menulis satu topik terus menerus. Jadi bisa diperlakukan sesuai selera masing-masing.

Tidak perlu dipilah? Apakah semuanya bisa dipergunakan? BISA. SANGAT BISA.

Selama Anda tidak terlalu memaksakan ingin terlihat pro dan menganggap remeh ide, bisa. Semua ide tersebut bisa diterjemahkan menjadi tulisan. Satu ide satu tulisan, bahkan lebih. Selama Anda tidak mengikat diri pada batasan bernama KEINGINAN (keinginan terlihat pro, pintar, pandai, hebat, SEO Friendly) dan TEORI.

Coba saja perhatikan DETIK. Disana sebuah topik bisa menjadi belasan tulisan yang isinya hampir sama tetapi berbeda. Mereka melakukan cara yang sama agar bisa menghadirkan ratusan artikel dalam sekejap. Satu topik terkadang ditulis 1-20 kali.

Tidak ada masalah. Bahkan, sering bagian awalnya berbeda dan selebihnya satu tulisan dengan yang lain sama.


Intinya, mereka mencoba melihat dari BERBAGAI SUDUT PANDANG dan hal itulah yang menyebabkan mereka tidak pernah kehabisan ide. Tidak seperti blogger pada umumnya, yang suka sekali membatasi diri dalam kungkungan teori.

Itulah yang saya selalu coba tiru dalam perjalanan ngeblog saya. Mencoba menghilangkan berbagai batasan yang menghambat dalam hal menulis dan mengembangkan ide. Teknik sederhana ini, 5W 1H yang sebenarnya sangat membantu dalam hal ini.

Anda mau mencoba?

Comments

  1. Teknik 5 W 1 H, memang bagus untuk di terapkan saya jadi ingat pelajarannya karena waktu sekolah dahulu pernah mempelajarinya.

    dan memang sangat membantu untuk mengembangkan tulisan kita.

    tapi saya tidak tahu siapa penemu TEKNIK MENULIS 5 W 1 H ?

    Saya juga setiap ide yang muncul selalu saya buat catatan, sehingga banyak sekali judul2 yang tertulis namun belum dikembangkan.

    ternyata menulis itu menyenangkan, karena bisa menghilangkan stress dengan catatan menulis artikel yang kita sukai dan ide kita sendiri.




    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tahu Kang.. sungguh bukan saya yang menciptakan..:D

      Iya lah.. menulis itu menyenangkan kalau kita nggak dikejar sesuatu

      Delete
  2. Betul sepertinya bukan masalah kehabisan ide saat menulis. Tetapi rasa malas yang kerap datang.

    Karena saya merasakan kadang suka bermunculan ide tapi malas catat dan menjadikannya tulisan.

    Ya itu penyakit nya "Malas"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tull.. saya juga sering terkena penyakit itu.. dan sulit sembuh ternyata..:D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngeblog Karena Uang ? Berhenti Jadi Blogger !

Serius ! Benar-benar serius. Itu saran saya kalau memang ada yang ngeblog karena uang, saya akan sarankan dengan segera untuk berhenti jadi blogger.

Upss. Tunggu sebentar. Jangan sewot dulu dan marah-marah. Juga jangan langsung saya melakukan penistaan terhadap blogger. Tidak, saran itu bukan untuk menghina dan merendahkan tujuan Anda ngeblog, justru sebaliknya.

Saran itu untuk kebaikan Anda sendiri.

Bukan tanpa alasan saran itu dikeluarkan, apalagi ditulis disini dan mungkin terbaca banyak rekan sesama blogger. Alasannya sudah dipikirkan dengan sangat matang.

Silakan lihat di bawah ini.

Ngeblog Karena Uang Mah Wajar Saja, Tetapi.... Aneh kan.

Tadi menyuruh berhenti jadi blogger. Sekarang bilang biasa.

Yah begitulah adanya. Ngeblog karena uang sudah merupakan hal umum dewasa ini. Banyak orang yang terjun ke blogosphere bukan sekedar niat berbagi atau sharing atau hanya ingin menumpahkan uneg-uneg saja.

Bisa dikata mayoritas mereka yang terjun ke dunia blogging di masa sekarang berhar…

Blog Gagal Itu Seperti Apa?

"Blog Anda blog gagal kalau dalam 3-4 bulan pertama pengunjungnya hanya mencapai 250 orang per hari"
Tolong jangan tersinggung dulu. Bukan saya yang mengatakan demikian. Kutipan ini saya ambil dari sebuah blog yang dikelola seorang blogger yang berpenghasilan hampir US$ 3000/bulan.

Cukup juga kagetnya. Pasti lah melongo mendengar ada blogger Indonesia bisa berpenghasilan sebegitu besar. Tiga ribu dollar sama dengan 39 juta rupiah, memang besar sekali. Gaji saya sebagai pegawai mah lewat.

Dan, kalimat itu saya kutip dari blognya. Kurang lebih demikian.

Bukan sebuah hal baru sebenarnya. Beberapa blogger yang sudah ditahbiskan masuk dalam kategori "sukses" atau "terkenal" juga sudah memberikan indikasi yang kurang lebih mirip. Bedanya hanya dalam rentang waktu yang dipergunakan.

Ada yang memberi batasan kalau umur blog sudah setahun, tetapi pengunjungnya masih di bawah 1000 Pengunjung Unik perhari, maka gelar BLOG GAGAL menjadi milik blog itu.

Begitu katanya…

Yang Satu Ini Sering Mendatangkan Backlink Natural Tetapi Jarang Dimanfaatkan Oleh Para Blogger Indonesia

Lucu juga. Banyak sekali artikel tutorial blogging yang menekankan betapa pentingnya hal yang satu ini bagi sebuah tulisan, tetapi tidak ada, atau jarang, blogger Indonesia yang membuat tulisan tentang bagaimana mendatangkan backlink dengan memanfaatkannya.

Aneh. Karena, seharusnya bila sesuatu dianggap begitu penting, maka sewajarnya hal tersebut perlu diselami lebih lanjut untuk mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Entahlah, apakah memang karena mereka sebenarnya tidak benar-benar tahu dan hanya melakukan penulisan ulang saja, atau memang mereka tidak menyadarinya.

Yang manapun, faktanya, tidak ada tulisan yang memberikan penjelasan bagaimana memanfaatkan yang satu ini untuk mendatangkan backlink secara natural dan tidak dipaksakan.

"Yang satu ini" merujuk pada FOTO atau IMAGE.

Bukan barang baru bahwa memasukkan sebuah foto atau image ke dalam artikel semakin dianggap penting untuk menjadikan artikel enak dibaca. Begitu juga dalam hal optimasi SEO dimana sebuah image da…