Mengenal Internet Marketing (Pemasaran Daring), Manfaat, Jenis, Bentuk, dan Yang Harus Diperhatikan

Mengapa harus melakukan internet marketing

Internet Marketing adalah segala tindakan untuk memasarkan atau mempromosikan produk, baik berupa barang atau jasa dengan menggunakan berbagai media yang berbasis internet. Istilah ini memiliki nama lainnya seperti online marketing yang mengacu pada kebutuhan sang pelaku untuk terkoneksi dengan internet yang kerap disebut dengan "online".

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini sudah juga sering dipergunakan sehari-hari, meskipun secara tata bahasa tidak benar. Istilah Indonesia untuk internet marketing adalah "Pemasaran Secara Daring".

Internet Marketing lebih luas dari sekedar menjual

Banyak yang memandang internet marketing hanya sekedar aktifitas yang menghasilkan penjualan. Pandangan itu tidak salah, tetapi tidak benar 100%.

Meskipun tujuan akhirnya sama, yaitu menghasilkan "penjualan" tetapi ruang lingkup internet marketing lebih luas dari sekedar "menjual". Banyak kegiatan lain selain itu, seperti

  • penyebaran informasi produk
  • penanaman image/citra (branding)
  • meluaskan pangsa pasar
  • memperkenalkan produk
  • membangun jaringan

Kesemua itu tidak akan langsung menghasilkan penjualan seketika, tetapi di akhir proses, targetnya, memang diharapkan aktifitas internet marketing akan mendorong orang untuk membeli sebuah produk.

Istilah kasarnya, dalam dunia bisnis, biasa dikenal "marketing/Pemasaran" dan "sales/Penjualan".

Penjualan adalah kegiatan yang memang bertujuan menghasilkan transaksi. Berbeda dengan Pemasaran yang lebih bertujuan untuk membentuk citra dengan berbagai cara dan metode yang bisa berujung pada terbentuknya ceruk pasar ataupun mengingatkan orang terhadap sebuah produk.

Kedua sisi sini biasanya bergerak berbarengan dan tidak terpisahkan, tetapi secara teoritis keduanya terpisah satu dengan yang lainnya.

Sama halnya dengan di dunia internet. Keduanya sering susah dibedakan dan dianggap sama, tetapi sebuah contoh mungkin bisa membantu memisahkannya

  1. Seorang memasang foto kamera bekas merek Canon di toko online : Sales/Penjualan
  2. Produsen kamera Canon memasang informasi tentang kamera Canon terbaru 2017 di laman web : Marketing/Pemasaran
Meskipun demikian, ada juga yang menyebutkan bahwa marketing mencakup sales. Definisi yang manapun pada dasarnya mencerminkan bahwa kedua sisi tersebut selalu hadir berbarengan.

Mengapa (harus) melakukan internet marketing?


Internet, pada masa sekarang ini, sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan umat manusia. Bisa dikata bahkan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Tahun demi tahun, jumlah pengguna internet terus bertambah dan tinggal menunggu waktu saja sampai suatu saat semua manusia terkoneksi satu dengan yang lainnya di dunia maya.

Oleh karena itulah, para penyedia jasa atau produsen produk harus mendasarkan strategi pemasarannya kalau tidak mau tersingkir dalam persaingan yang semakin lama semakin ketat.

Mereka yang menggunakan internet marketing akan mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Kalau dibuatkan daftar kecil tentang keuntungan melakukan pemasaran secara daring, bisa disebutkan seperti di bawah ini :

1. Pasar yang lebih luas


Internet bisa dikata menghilangkan batas wilayah, negara, dan banyak batasan lainnya. Seorang yang berada di Amerika Serikat bisa saja memesan sebuah kain batik dari pengrajin di Pekalongan, bahkan tanpa harus pernah datang ke kota tersebut.

Dengan menggunakan strategi pemasaran secara daring yang tepat, seseorang bisa memperluas pangsa pasarnya. Ia tidak lagi akan dibatasi dengan wilayah dan jarak yang sering menjadi batasan alami seseorang dalam menjual produk atau jasanya.

Bila dibandingkan antara

A yang memiliki toko batik di kota Pekalongan tanpa melakukan internet marketing, maka pasar yang dimilikinya hanyalah pembeli lokal. Kalaupun sudah terkenal, maka ia bisa saja "menguasai" kota Solo 

B, pemilik toko batik di kota yang sama tetapi memanfaatkan tehnologi dan melakukan internet marketing memiliki pasar selain di kotanya sendiri, Pekalongan, juga bisa memiliki pelanggan dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan bahkan ke luar negeri.

Pangsa pasarnya B akan lebih luas dan besar dibandingkan A. Dengan pangsa pasar yang lebih luas, maka kesempatan B meraih penjualan dan keuntungan lebih banyak menjadi lebih besar dibandingkan si A.

Lagi pula si B punya peluang "merampok" pangsa pasar si A, bukankah begitu?

2. Pemasaran 24 Jam


Internet never sleeps. Internet tidak pernah tidur.

Kenyataannya memang demikian, kecuali servernya sedang mengalami down atau perawatan maka internet tetap akan terjaga di saat manusianya tidur.

Hal ini menguntungkan karena meskipun di Indonesia sudah malam hari dan semua manusianya beranjak tidur, manusia di belahan bumi lain, seperti Amerika Serikat, Brazil, atau Mexivo baru saja bangun tidur dan bersiap beraktifitas.

Dengan memasang iklan pada internet, potensi yang ada di belahan dnuia lainnya, bisa tetap digali, bahkan saat yang menjual sedang bobok cantik.

Poin keunggulan internet marketing yang paling penting adalah hal ini. Semua waktu bisa termanfaatkan dengan maksimal. Prinsip "Time is money (Waktu adalah uang)" terwujud dengan adanya iklan yang bisa terus menerus tampil selama 24 jam.

3. Hemat Biaya


Kata siapa promosi tidak perlu biaya? Menyewa sebuah stand ukuran 1 X 2 M di ajang pameran sekelas Jakarta Fair saja perlu uang berpuluh juta. Belum ditambah dengan biaya sales promotion girl dan pernak pernik lainnya.

Kalau perlu ikut pameran lebih dari 10 kali dalam setahun saja, maka biaya promosi yang dikeluarkan bisa cukup untuk membeli sebuah truk baru.

Bandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk melakukan satu bentuk saja dari internet marketing, yaitu membuat website sendiri. Ongkosnya hanya berupa sewa hosting yang terkadang bisa semurah 50 ribu rupiah per bulan, menyewa nama domain yang hanya seharga 2-3 kali kopi di Starbuck, ditambah dengan gaji staff untuk mengelola web tersebut.

Angka biayanya sudah pasti lebih rendah.

Itulah salah satu keuntungan memanfaatkan internet marketing. Penekanan biaya promosi bisa dilakukan dengan hasil yang bisa lebih besar dibandingkan dengan promosi secara konvensional.

4. (Terkesan) lebih bonafide

Hanya kesan, tetapi terkadang kesan atau impresi bisa mendorong seorang pembeli potensial untuk melakukan langkah berikutnya, yaitu pembelian.

Andaikan, ada seorang penjual dengan toko statisnya harus berkompetisi, di masa kini, dengan produk yang sama yang dijual si B dan juga keduanya belum dikenal oleh seorang calon pembeli. Kemudian si A tidak melakukan pemasaran secara daring, sedangkan si B memiliki sebuah website tentang tokonya. Kira-kira pembeli akan menjatuhkan pilihan pada yang mana?

Kemungkinan besar pilihan jatuh pada si B.

Alasannya mungkin kecil dans ederhana karena si B akan terlihat lebih kekinian dan mengikuti perkembangan zaman. Mereka akan terkesan lebih bisa menyediakan sesuatu yang sesuai dengan tuntutan pembeli.

Padahal belum tentu.Tetapi, seringkali pembelian dilakukan tidak berdasarkan hal-hal seperti kualitas saja, impresi atau kesan acapkali menjadi salah satu poin yang dipertimbangkan calon pembeli dalam memutuskan dimana pembelian harus dilakukan.

5. Pengelolaan "pemasaran" lebih mudah (secara tehnis)


Sebenarnya baik pemasaran di dunia nyata dan internet marketing keduanya sama-sama rumit dan tidak semudah yang dibayangkan. Keduanya memiliki banyak sekali variabel yang perlu diperhatikan.

Meskipun demikian, secara tehnis, pengelolaan strategi pemasaran secara daring lebih mudah. Coba saja bayangkan mengkoordinasi ratusan sales promotion girl (SPG) dengan mengelola sebuah tim dengan 5 orang untuk menyebarkan email penawaran.

Mana kira-kira yang lebih mudah? Jawabannya sudah pasti.

Pengerjaan internet marketing hanya membutuhkan lebih sedikit sumber daya manusia sehingga koordinasi dan pelaksanaannya menjadi lebih ringkas. Semakin ringkas, semakin mudah dilakukan dibandingkan sebuah kegiatan yang melibatkan lebih banyak orang.

Mengenal internet marketing


Jenis Internet Marketing

Pembagian jenis kegiatan internet marketing sebenarnya sangat beragam, baik dalam hal cara, tehnik, atau media yang digunakan.

Tetapi, berdasarkan media yang digunakan, terdapat tiga kategori besar jenis pemasaran secara daring..

1) E-mail marketing


Hampir semua orang punya email. Hampir ya, tidak berarti semua. Hanya untuk menunjukkan betapa umumnya penggunaan email sebagai sarana berkomunikasi.

Dengan begitu besarnya pengguna email, peluang memasarkan sebuah produk menjadi lebih terbuka. Promosi dilakukan dengan mengirimkan "brosur" elektronik ke berbagai alamat email yang sudah berhasil dikumpulkan.

2) Web Marketing


Tehnik internet marketing yang menggunakan website, baik miik sendiri ataupun milik orang lain untuk menyebarkan info atau iklan.

Umumnya bentuknya adalah pemasangan iklan, tetapi "content placement" atau meminta seorang blogger menerbitkan "sponsored article" atau artikel bersponsor juga biasa dilakukan.

3. Social Media Marketing


Promosi atau pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan kegemaran manusia terhadap situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan banyak lagi lainnya.

Dengan sifat interaktifnya yang luar biasa, pemasaran melalui media sosial seringkali sangat cepat berujung pada penjualan.

Ada satu lagi yang walau banyak orang belum menyebutkannya sebagai bagian dari internet marketing, tetapi pada faktanya adalah bentuk pemasaran. Yang satu itu adalah "chat group marketing".

Whatsapp (WA) , BBM, adalah aplikasi yang menggunakan internet untuk beroperasi, tetapi mereka bukan email, bukan web, atau media sosial.

Meskipun masih dalam skala kecil dan personal, sesuai dengan sifat aplikasinya, pemasaran atau promosi sebuah produk kerap dilakukan dengan cara mengirimkan pesan kepada mereka yang saling terkait dalam sebuah grup WA, atau BBM.


Bentuk Internet Marketing yang umum


Tidak ada yang aneh sebenarnya dengan internet marketing. Setiap orang pasti pernah paling tidak melihat bentuknya dalam keseharian. Tidak sedikit yang juga secara sadar atau tidak melakukannya.

Beberapa bentuk internet marketing yang umum kita lihat sehari-hari adalah seperti di bawah ini :

1) Mengirimkan pesan bersifat promosi via aplikasi chatting

 "Bu, saya kebetulan baru terima kosmetik merek "AAA". Kalau berminat kirim WA aja, nanti saya antar"

Tidak aneh kan menerima pesan di WA seperti ini dari tetangga atau saudara? Yup. Ini adalah bentuk internet marketing yang sederhana, tetapi efisien.

2) Iklan di website


Juga bukan sesuatu yang aneh kalau melihat di sebuah website atau blog tampil "banner" atau spanduk elektronik di beberapa tempat. Juga, kalau Anda membuka Facebok, maka akan terlihat berbagai penawaran di mana-mana.

Ini adalah bentuk internet marketing yang sangat umum dilakukan. Iklan apapun yang ditampilkan selama menggunakan internet, maka masuk dalam kategori internet marketing. Hal ini juga berlaku terhadap apapun yang dipromosikan.

3) Email berisi brosur


Pernah menerima email yang menawarkan berbagai kursus atau seminar?

Yah itu juga salah satu bentuk dari pemasaran via daring yang tidak kalah lazimnya. Banyak pemasar di dunia maya tidak segan membeli daftar alamat email atau mengumpulkannya untuk kemudian mengirimkan email menawarkan sesuatu.

Tidak heran kalau kemudian fitur "Junk mail" dihadirkan dalam setiap aplikasi email client seperti Outlook, Thunderbird.



4) Membuat/mengikuti website atau toko online


Bnayak perusahaan menghadirkan institusi mereka di dunia maya dengan membuat website atau blog sendiri. Baik gratisan atau berbayar.

Dengan begitu, mereka bisa hadir dimanapun dan siapapun yang berminat dapat menghubungi mereka. Tindakan ini merupakan salah satu bentuk internet marketing.

Sama halnya dengan memasukkan foto barang ke dalam sebuah toko online, baik milik sendiri atau ikut yang sudah ternama seperti Tokopedia, atau OLX.

5) Mengumpulkan data/survey


"Apakah Anda puas dengan layanan kami? Silakan isi form di bawah dan beritahukan saran dan perbaikan yang Anda ingin kami lakukan."
Polling atau survey dengan memanfaatkan media internet kerap dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini memungkinkan mereka mendapatkan data dan mengukur kepuasan pelanggan yang kemudian bisa diimplementasikan pada perbaikan produk.

Perbaikan produk diharapkan kemudian akan menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi.

Pengumpulan data, polling atau survey seperti ini merupakan salah satu bentuk internet marketing yang tidak seperti pemasaran. Tetapi, secara tidak disadari polling atau survey bisa membuat keterikatan antara seorang (calon) pembeli dengan sebuah produk.

6) Artikel Review (Artikel bersifat ulasan)


Bila Anda sering berjalan-jalan ke dunia maya untuk mencari informasi, tidak jarang Anda akan menemukan sebuah artikel, yang ditulis oleh seorang blogger, yang kesannya mengulas tentang sebuah produk. Entah kosmetik, handphone atau bahkan kursus.

Biasanya, lazimnya, di bagian atasnya atau bagian bawah akan ada keterangan "sponsored article" atau artikel bersponsor.

Ini adalah sebuah trik internet marketing yang memanfaatkan jutaan blog yang ada di dunia. Kesannya tidak seperti iklan biasa, dan lebih pada ulasan taua penilaian seseorang. 

Sifatnya lebih halus daripada sekedar iklan yang langsung menawarkan sesuatu. Artikel review, apalagi yang ditulis oleh seorang blogger yang sudah punya nama, bisa menjadi penggiring ampuh dan menanamkan image "betapa bagus dan indahnya" produk tertentu.

Tidak beda dengan penunjukkan duta sebuah produk, hanya kali ini di dunia maya.

7) Search Engine Marketing


Bila Anda sedang melakukan pencarian terhadap sesuatu dengan memanfaatkan mesin pencari, entah Google, Bing, atau Yahoo, pernahkah Anda perhatikan seringkali ada hasil pencarian yang diberi tanda "khusus" seperti di bawah ini?




Ini adalah sebuah bentuk internet marketing, yang mungkin tepatnya disebut Search Engine Marketing (pemasaran Mesin Pencari).

Pada intinya tetap iklan. Dengan membayar, maka link yang menuju ke website sebuah perusahaan bisa ditampilkan di posisi paling atas di halaman hasil pencarian (Search Engine Result Page - SERP).


8) Search Engine Optimization (SEO)


Bagi para blogger tentunya tidak asing dengan istilah yang satu ini. Bahkan banyak blogger yang secara serius menekuni bagaimana memanfaatkan mesin pencari untuk mendatangkan pembaca ke blog mereka.

Sangat bersifat tehnis, tetapi tidak bisa tidak, SEO adalah salah satu bentuk dari internet marketing, Dengan memanfaatkan tehnik ini pengunjung akan coba ditarik dan dipikat menuju sebuah website atau blog.

Dengan semakin besar jumlah penngunjung ke sebuah blog, diharapkan bisa menjadi pembeli potensial bagi sebuah produk (kalau website yang dituju bersifat menjual produk/jasa), atau menghasilkan klik iklan yang bisa memberikan income bagi pemilik webnya.


9) Afiliasi Marketing


Sebuah tehnik internet marketing dengan memanfaatkan para pemain di dunia maya untuk ikut mempromosikan atau menjual sebuah produk/jasa tertentu.

Untuk setiap produk atau jasa yang terjual, si "kaki tangan" akan mendapatkan komisi atau persentase dari harga jual sebuah produk. 

Biasanya promosi tersebut akan berupa link yang menuju ke website dimana si "penjual" atau "pemilik brand" berada. Tidak selamanya ketika sebuah link diklik akan menghasilkan penjualan.



Apa itu internet marketing atau pemasaran secara daring?

Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Internet Marketing


Sama halnya dengan melakukan pemasaran atau marketing di dunia nyata, di dunia maya pun ada cukup banyak yang harus diperhatikan. Prinsipnya tidak banyak berbeda dengan prinsip dasar pemasaran atau marketing di dunia nyata.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan menghindari hasil yang buruk, para penggiat internet marketing sebisanya harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :


1) Pemasaran Yang Tertarget


Akankah ada hasil kalau produk yang dipasarkan berupa kamera, tetapi iklannya terpasang di sebuah website tentang memasak?

Kemungkinan tetap ada, tetapi secara rasio para anggota komunitas memasak akan lebih tertarik dengan tawaran berupa panci anti karat, panci presto (bertekanan), atau kompor elektrik.

Benda yang sama juga tidak akan laku di website tentang otomotif.

Pengetahuan tentang ceruk pasar yang dituju harus diimplementasikan dalam tindakan memasang iklan pada website atau blog yang tepat dan sesuai dengan produk yang hendak dipasarkan.

Melakukan internet marketing tanpa mengetahui dimana tempat memasarkan bisa membuang-buang waktu dan biaya karena tidak akan menghasilkan penjualan pada akhirnya.

2) Menggunakan Bahasa dan Gaya Yang Sesuai


"Ekspresikan dirimu, Bro! Dengan memakai jins " AAA", penampilanmu akan memikat para cewek"

Normal saja sebenarnya bahasa ini, tetapi penerima pesan akan menerima impresi yang berbeda.

Pemakaian kata "bro" tidak lah umum dipergunakan di kalangan tua atau berusia di atas 40 tahun. Memikat cewek juga bukan lagi kebutuhan bagi mereka karena biasanya para pria di usia sedemikian sudah berkeluarga dan tidak perlu lagi memikat lawan jenisnya.

Oleh karena itu, promosi dengan gaya penulisan seperti di atas lebih cocok bila sasarannya adalah kalangan muda. Memakai gaya seperti di atas untuk sebuah produk untuk kalangan yang lebih tua sulit akan mendapatkan hasil.

Pmakaian gaya dan bahasa yang disesuaikan dengan ceruk pasar yang menjadi target adalah keharusan agar bisa menuai hasil yang diharapkan.

 

3)  Pemasaran bukan sekedar menjual


Internet Marketing atau Pemasaran Secara Daring bukan hanya terbatas pada menjual produk. Meskipun akhirnya memang diharapkan dapat memacu penjualan yang lebih banyak, tetapi seperti sudah disebut di atas konsepnya berbeda.

Memanfaatkan internet marketing hanya sebatas pada memicu penjualan seketika berarti tidak menggunakan potensi yang ada secara maksimal.

Ada banyak hal lain yang bisa dilahirkan dengan menggunakan internet marketing, seperti :

Membangun Brand

Seperti apa Anda ingin orang melihat Anda atau perusahaan/website/blog yang Anda kelola? Perusahaan yang peduli pada masyarakat, lingkungan, produk berkualitas dan sebagainya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan internet marketing.

Menjalin keterikatan/loyalitas

Membuat seseorang membeli sebuah produk/merek adalah BIASA, tetapi membuat seseorang membeli berulangkali produk/merek yang sama itu baru namanya luar biasa.

Mengapa? Karena disitu bukan hanya produk yang dijual, tetapi ada keterikatan dan loyalitas yang terbentuk. Dengan memiliki mereka-mereka yang loyal terhadap produk atau jasa, maka bisa diharapkan dan diprediksi mereka akan kembali lagi untuk membeli atau menggunakannya, bahkan tanpa peduli pada ada atau tidaknya promosi.

Internet Marketing bisa dimanfaatkan untuk membangun loyalitas.

Mendidik pasar

Tugas seorang marketer atau pemasar bukan sekedar menjual produk, tetapi ia harus juga bisa "membuat" pasar baru.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendidik para pembeli potensial, yaitu mereka yang belum menentukan pilihan tetapi secara teori, mereka mampu dan butuh sebuah produk atau jasa.

Salah satu tehnik internet marketing untuk mendidik pasar dan calon pembeli potensial adalah dengan menyalurkan informasi gratis, yang bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh mereka.

Intinya, internet marketing bisa dimanfaatkan untuk membentuk sebuah pasar baru di masa depan. Penjualan tidak akan terjadi saat itu, tetapi bisa diharapkan di suatu waktu akan terjadi.

4) Lakukan dengan kontinyu


Pemasaran bukanlah sesuatu untuk jangka pendek, apalagi yang berkaitan dengan brand, image atau citra. 

Butuh waktu bertahun-tahun agar masyarakat bisa selalu teringat pada sebuah brand. Sebagai contoh, Pepsodent kalau kata pasta gigi atau odol dikatakan.

Tanpa ada sebuah keajaiban, proses membentuknya membutuhkan waktu yang panjang dan perjuangan yang lama. 

Hal tersebut masih ditambahkan lagi dengan usaha mempertahankanya karena sebuah citra bisa berubah dan tidak ada jaminan akan terus bertahan.

Untuk itulah seorang internet marketer harus menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah perjalanan panjang dan harus dilakukan terus menerus atau kontinyu.


5). Jangan Jadi Spammer


Semangat boleh, harus bahkan. Kontinyu juga bagus sekali. 


Tetapi, ada tetapinya juga.


Ada batasnya. Tidak terlihat memang tetapi kalau sesuatu dilakukan terus menerus dan tanpa henti, hal tersebut justru bisa menjadi bumerang.


"Penerima" akan merasa terganggu dan cenderung akan menganggap penawaran, apapun sebagai sebuah bentuk spam atau gangguan. Kita sebagai pelakunya akan menjadi spammer yang sangat dibenci oleh pengguna internet.


Coba saja perhatikan kalau Anda menerima penawaran via email dua hari sekali, biasanya Anda akan segera membuang email penawaran yang diterima ke junk box. Apalagi kalau setiap hari.


Kalau hal ini terjadi, maka apa yang kita lakukan akan berubah menjadi kegagalan total. Jangan harapkan penjualan, bahkan image atau citra pun akan rusak dengan sendirinya.


Oleh karena itu, seorang internet marketer harus paham betul tentang kondisi dan karakter dari mereka yang menjadi sasaran. Frekuensi penawaran tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena hal tersebut bisa membuat seseorang merasa terganggu.


Lakukan dengan timing dan cara yang pas sehingga terhindar dari julukan spammer. Pertahankan ritme yang dianggap ideal agar tidak menimbulkan perasaan sebal di hati yang membaca.

(Mungkin Anda ingin bertanya mengapa tidak ada kolom "subscribe by email" di web ini? Kemudian perhatikan frekuensi terbitnya artikel di blog Maniak Menulis)

Itulah sekilar tentang internet marketing, manfaat, jenis, bentuk dan apa yang harus diperhatikan. Kesemua berdasarkan pengalaman sebagai seorang marketing dan juga blogger.

Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon